Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

AS Roma Harus Bersabar Menunggu Leandro Castan

By Indra Citra Sena - Selasa, 30 Desember 2014 | 00:20 WIB
Leandro Castan, perlu waktu untuk pulih seperti sedia kala. (Giuseppe Bellini/Getty Images)

Bek Roma, Leandro Castan, mungkin boleh bernapas lega karena operasi otak yang ia jalani berakhir sukses. Pemain berkebangsaan Brasil itu juga sudah dipastikan sembuh dari kelainan pada pembuluh darah di sistem syaraf pusat alias cavernoma.

Namun, proses rehabilitasi Castan bakal memakan waktu lebih lama dari perkiraan semula pada awal 2015. Kemungkinan besar ia baru mendapatkan izin kembali ke lapangan mulai akhir Maret 2015 atau tiga bulan lagi.

Menurut Professor Giulio Maira, dokter ahli syarat yang mengoperasi Castan, kondisi sang pemain saat ini memang sudah normal. Rasa pusing serta hilang keseimbangan yang dialami Castan sebelum operasi pun telah hilang.

“Kendati demikian, Castan perlu melanjutkan kegiatan olah raga secara perlahan-lahan. Dalam waktu dekat ini, dia cuma boleh bersepeda ringan dan melakukan treadmill,” kata Maira seperti dikutip dari Il Messaggero.

“Saya sudah berbicara langsung kepada Castan. Saya memintanya untuk bersabar dan jangan memaksakan diri. Beberapa bulan lagi, ia boleh mengikuti sesi latihan bareng tim. Hanya, dia masih harus menjalani latihan secara terpisah,” ujar Maira.  

Lebih lanjut, Maira juga mengungkapkan tingkat urgensi operasi otak Castan pada awal Desember lalu. Sang dokter menilai bila tak melakukan operasi, kelanjutan karier Castan akan terancam.

“Operasi otak Castan kemarin adalah sesuatu yang tak bisa ditawar lagi. Sangat mustahil buat seorang pesepak bola melakoni pertandingan dengan rasa pusing seperti sedang mabuk laut,” ucap Maira.