Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juventus Club Indonesia: Segalanya demi Nyonya Tua

By Fajar Mutaqin Ahmad - Rabu, 7 Januari 2015 | 16:08 WIB
Beberapa anggota Juventus Club Indonesia meneriakkan yel-yel di ajang BOLA Sports Race 2014. (Arief Bagus/BOLA)

Bagi Juventus Club Indonesia (JCI), 2014 adalah salah satu tahun paling berkesan karena dapat melihat langsung aksi para punggawa I Bianconeri.

Pada awal Agustus 2014, Juventus menyambangi Jakarta untuk menyapa para fan setia. Agenda tersebut terbilang dadakan karena Si Nyonya Tua baru resmi mengonfirmasi kedatangan mereka pada akhir Juni.

Pemberitahuan tiba-tiba tersebut tidak menghalangi antusiasme JCI di seluruh pelosok Indonesia untuk menemui para pemain idola mereka.

“Ada rekan kami yang rela menjual motor. Ada yang datang ke Jakarta sebulan sebelum acara. JCI chapter Jayapura bahkan menyewa kapal demi datang ke Jakarta,” ujar Yudha dan Reza, Ketua dan Wakil Koordinator Wilayah JCI Jakarta, saat ditemui Harian BOLA di acara BOLA Sports Race 2014, Minggu (21/12).

Dukungan tanpa putus untuk Juventus mewarnai berdirinya JCI. Di saat Si Hitam-Putih harus berlaga di Serie B karena Calciopoli, JCI, yang saat itu masih bernama Juventini Indonesia, hadir pada 28 Juli 2006 lewat wadah forum diskusi dunia maya.

Juventini Indonesia berganti nama menjadi JCI pada 2009 seiring lisensi resmi yang didapat dari Juventus.

Saat ini, JCI sudah memiliki 180 chapter resmi di seluruh Indonesia.

“Jumlah itu belum dihitung sub-chapter yang jumlahnya tidak terhingga,” kata Yudha.

Ada sejumlah agenda rutin JCI, yakni nonton bareng, bakti sosial, dan kegiatan olah raga, seperti futsal, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Acara kumpul sesama anggota, yakni gathering nasional dan daerah, juga rutin dilaksanakan.

Bagi fan Juve yang ingin bergabung, Yudha dan Reza mengundang untuk langsung mendatangi acara nonton bareng di chapter masing-masing dan membayar 100 ribu rupiah untuk kaus dan kartu identitas.

DATA KOMUNITAS
Nama: Juventus Club Indonesia
Presiden: Ananta Ariaji
Ketua Harian: Rivelino Saputra
Sekretaris Umum: Marsono Wibowo
Koordinator Bidang 1: Dede Faisal
Situs: www.juventusclubindonesia.com
Twitter: @JCIndonesia