Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Courtois Punya Rekor Statistik 100 Persen

By Verdi Hendrawan - Jumat, 26 Desember 2014 | 19:54 WIB
Thibaut Courtois (kuning), unggul dalam amankan bola-bola atas. (John Peters/Getty Images)

Kiper Thibaut Courtois saat ini telah menjadi pilihan utama Jose Mourinho untuk menjadi pengaman gawang Chelseadengan menyingkirkan Petr Cech. Hal ini bisa dimiliki pemain asal Belgia itu bukan tanpa alasan.

Seperti yang dilansir Harian Belgia, Het Laatste Nieuws, Courtois memiliki satu catatan statistik sempurna sebagai seorang kiper. Pemain berusia 22 tahun itu mampu mengamankan 100 persen umpan silang lawan di dalam kotak penalti ketika dirinya memutuskan untuk keluar dari sarangnya dan menyambut bola.

Di musim 2014/15 ini, Courtois telah berhasil menangkap 51 umpan silang lawan. Selain itu, mantan kiper Atletico Madrid itu juga berhasil melakukan empat kali tinjuan terhadap bola untuk mengamankan gawangnya dari umpan silang lawan.

Selain itu, Het Laatste Nieuws juga melakukan persentasi mengenai kelemahan Courtois yang ditandai dengan kebobolan. Dari 13 kali bergetar jala gawangnya di sepanjang musim ini, 38 persen atau lima kali bola bersarang di posisi kiri bawah penjagaan Courtois. Bika jadi posisi tersebut adalah kelemahannya.

Hal ini menunjukkan bahwa Courtois memang sangat layak untuk menjadi pilihan utama Mourinho sebagai kiper Chelsea. Meskipun The Blues saat ini terancam akan kehilangan Petr Cech yang telah setia menjadi pengawal gawang mereka dalam 10 musim terakhir dengan 328 lagi penampilan.