Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perseteruan Bintang dengan Pelatih Barcelona (1)

By Suryo Wahono - Sabtu, 10 Januari 2015 | 00:05 WIB
Johan Cruyff dan Hennes Weisweiler. (Blaugranas)

Kabar keretakan hubungan Lionel Messi dan Luis Enrique menjadi tajuk utama pemberitaan di Spanyol dalam beberapa hari terakhir. Situasi ini lantas membangkitkan memori kelam di benak para fan Barcelona.

Perseteruan antara pemain bintang dengan pelatih bagaikan sebuah tradisi di Blaugrana. Sejarah mencatat ada empat kasus yang pernah memanaskan ruang ganti Camp Nou dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

1. Johan Cruyff vs Hennes Weisweiler (1975)

Barcelona era 1970-an begitu identik dengan nama Johan Cruyff. Gelandang legendaris asal Belanda itu berjasa mengantarkan Blaugrana menjuarai La Liga 1973/74 dan Copa del Rey 1977/78.

Pada musim panas 1975, Cruyff terlibat konflik dengan pelatih Hennes Weisweiler. Pemicunya adalah keputusan Weisweiler mengganti sang bintang dalam pertandingan La Liga versus Sevilla, yang berujung kekalahan 0-2 di pengujung laga.

Usai pertandingan, salah satu punggawa Barcelona kala itu, Juan Carlos Heredia, memergoki Cruyff mengumpat dan melampiaskan kekesalan di ruang ganti. “Dia melontarkan kata-kata makian terhadap pelatih,” ucap Heredia seperti dilansir As.

Suasana semakin keruh ketika Cruyff secara lantang memberikan ultimatum kepada Presiden Barcelona waktu itu, Agusti Montal Costa. “Silakan pilih, Weisweiler atau saya yang pergi!” ujar Cruyff.

Perseteruan akhirnya dimenangkan oleh Cruyff setelah Weisweiler memutuskan melepas jabatan pelatih Barcelona pada 2 April 1975.

Selanjutnya>>>