Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alex Song Pensiun, West Ham Bisa Berharap Banyak

By Suryo Wahono - Rabu, 7 Januari 2015 | 18:16 WIB
Alex Song, siap menatap masa depan bersama West Ham. (Getty Images)

Alex Song telah mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari Timnas Kamerun. Gelandang West Ham hasil pinjaman dari Barcelona itu sudah tak bermain untuk negaranya sejak diberi kartu merah saat melawan Kroasia di babak grup Piala Dunia 2014, selain dipastikan bakal absen di Piala Afrika 2015.

Bagi West Ham, pengunduran diri Song tersebut menyiratkan prospek yang cerah. The Hammers sebelumnya khawatir mereka bakal kehilangan Song saat ia terbang kembali ke tanah airnya untuk membahas masa depan di timnas.

Akan tetapi, kekhawatiran itu kini sirna sudah. Usai Song mengumumkan pengunduran diri dan dirilis oleh Press Assocation Sport, West Ham pastinya berharap salah gelandang andalan mereka ini bakal fokus membela klub.

"Sejak Piala Dunia musim panas dan eksklusi dari skuat Kamerun untuk Piala Afrika, saya telah mengambil keputusan untuk pensiun dari sepak bola internasional," katanya.

Song bergabung ke West Ham sebagai pinjaman dari Barcelona pada Agustus tahun lalu, setelah lelah berjuang masuk dalam skuat inti Barca sejak dibeli dari Arsenal pada 2012.

Pemain berumur 27 tahun itu telah menjadi salah satu tokoh utama dalam seri penampilan mengesankan The Hammers musim ini. Manajer Sam Allardyce baru-baru ini juga berbicara tentang harapannya untuk mengikat Song dengan kontrak permanen jangka panjang.

West Ham tengah anjlok ke posisi ketujuh klasemen sementara Premier League hasil menang sekali dari lima pertandingan terakhir mereka. Namun, hanya lima poin di bawah urutan ketiga, Manchester United.