Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kobe Bryant: Basket Eropa Lebih Maju dari Amerika

By Eko Widodo - Selasa, 6 Januari 2015 | 08:55 WIB
Kobe Bryant, mengritik sistem pelatihan generasi muda AS. (Getty Images)

Kobe Bryant, shooting guard LA Lakers memberikan kritik pedas kepada Amateur Athletic Union (AAU) tentang keseriusan melatih pebasket muda AS. "Eropa ternyata lebih maju," kata Kobe kepada LA Times.

Kobe belajar dari pengalaman hidup. Semasa masih anak-anak, ia menghabiskan waktu di Italia mengikuti sang ayah yang bermain di Liga Basket Italia. Ia merasakan betapa Eropa maju karena konsisten melakukan ajaran mentor-mentor jebolan NBA!

"Saya memiliki keyakinan, pebasket Eropa lebih skilfull daripada pebasket AS sendiri. AAU tak mengajari pebasket muda AS dengan benar. Mereka mengajarkan bola basket dengan benar dan sejak usia dini. Mereka mengajarkan dasar-dasar bermain bola basket dengan benar sejak dini," ucap Kobe kepada ESPN.

"Ketika saya kecil, Red Auerbach dan Tex Winter melakukan klinik bola basket di Eropa. Para pelatih dan federasi bola basket Eropa menyambut dengan serius pelatihan itu. Para pelatih Eropa menurunkan ilmu dari Auerbach dan Winter ke pelatih baru dan mereka konsisten melatihkannya ke generasi muda bola basket Eropa," kata Kobe.

Auerbach adalah pelatih Boston Celtics dengan 9 cincin juara. Ia menjadi pelatih terbaik NBA pada 1965. Winter adalah inventor permainan triangle offense dan mendapatkan 11 cincin juara NBA sebagai asisten Phil Jackson di Chicago Bulls (6 cincin) dan LA Lakers (5 cincin).

"Saya bisa seperti ini sekarang adalah produk dari pelatihan di Eropa. Manu Ginobili adalah produk bagus dari bola basket Eropa," kata Kobe.