Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Empat Legenda Barcelona yang Pensiun di 2014 (2)

By Verdi Hendrawan - Senin, 29 Desember 2014 | 17:38 WIB
Carles Puyol (JOSEP LAGO/GETTY IMAGES)

Pada 2014 ini ada empat pemain atau telah menjadi mantan pemain Barcelona yang memutuskan untuk pensiun dari sepak bola. Keempat pemain tersebut juga bisa disebut sebagai legenda dan ikon yang mampu menghadirkan kejayaan bagi klub.

Keempat pemain tersebut berhasil meraih banyak gelar bersama Barcelona. Meskipun berstatus bintang, namun tidak semua pemain tersebut bisa mengakhiri karier di Barcelona dan memiliki perjalanan karier yang berbeda selama berseragam Biru-Merah.

2. Carles Puyol

Akhir dari karier gemilang Carles Puyol berakhir di 2014. Bek nyentrik nan legendaris ini memutuskan untuk berhenti menjadi pemain sepak bola setelah kesulitan untuk tampil pada musim 2013/14 akibat cedera dan kondisi fisiknya yang sudah berusia 36 tahun.

Meskipun banyak suka duka dan pasang surut prestasi, namun Puyol mampu bertahan dan bermain untuk Barcelona selama 15 musim. Ia pun menjadi salah satu kapten tim selama sepuluh tahun terakhir.

Kemampuan terbesar Puyol adalah kepemimpinannya di atas lapangan, memposisikan diri, serta kekuatan dan kecepatan membuatnya menjadi salah satu bek terhebat di planet ini di sebagian besar kariernya.

Kegagahannya juga menjadi salah satu sosok terbesar dari banyak wajah di dalam sejarah Barca. Puyol pensiun sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di sepanjang  sejarah Barcelona dengan 593 penampilan. Di posisi pertama ada Xavi Hernandez dengan 741 laga.

<---- Sebelumnya     Selanjutnya ---->