Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol dan Satu Assist Rooney Menangkan MU

By Tulus Muliawan - Jumat, 26 Desember 2014 | 23:58 WIB
Wayne Rooney (kanan), berhasil menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Newcastle. (Alex Livesey/Getty Images)

Manchester United kembali mampu menjaga rekor bagus mereka di laga bertajuk Boxing Day. Menghadapi Newcastle United, Iblis Merah berhasil meraih kemenangan melalui dua gol dan satu assist dari Wayne Rooney.

Di babak pertama, United mampu menguasai jalannya pertandingan. Banyak sekali peluang melalui umpan silang Ashley Young dan terobosan-terobosan dari lini tengah. Namun, gol pertama baru tercipta di menit ke-23.

Rooney yang memulai serangan dari daerah pertahanan United meneruskan bola kepada Juan Mata. Gelandang asal Spanyol itu pun melepaskan umpan kepada Radamel Falcao, namun arahnya sedikit terlalu jauh yang membuat striker Kolombia itu harus menjatuhkan diri demi menjangkau bola. Bola hasil jangkauannya berhasil ia kembalikan ke tengah dan mampu diselesaikan dengan baik oleh Rooney.

Rooney pun menjadi pencetak gol kedua United di menit ke-36. Kali ini giliran Falcao yang berhasil merebut bola dan berhasil dikuasai oleh Mata. Dengan cerdik, mantan pemain Chelsea itu memberikan bola kepada Rooney yang berdiri bebas di depan gawang dan dengan mudah sang kapten mampu menaklukkan kiper Jak Alnwick dan menutup keunggulan 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, United tetap menguasai jalanya pertandingan. Pada menit ke-53, Iblis Merah kembali berhasil memperbesar keunggulan melalui tandukkan Robin van Persie setelah menerima umpan lambung Rooney dari lini tengah.

Namun, setelah unggul 3-0, United sedikit mengendurkan permainan mereka. Beberapa pemain seperti, Michael Carrick, Falcao, dan dan Antonio Valencia pun diganti untuk mempersiapkan pertandingan menghadapi Tottenham Hotspur pada Minggu (28/12).

Hal ini membuat pertahanan MU yang sebelumnya tidak banyak diserang, kini mulai tertekan. Beberapa peluang Newcastle sempat lahir melalui Ayoze Perez, Steven Taylor, hingga puncaknya pelangaran Phil Jones kepada Jack Colback di menit ke-85 yang berhasil dieksekusi dengan sempurna oleh Papiss Cisse satu menit kemudian.

Kemenangan 3-1 ini membuat United berhasil menjaga jarak dengan Manchester City dan Chelsea di posisi 1 dan 2 klasemen Premier League hingga pekan ke-18. Selain itu, kemenangan ini berhasil menjauhkan mereka dari kejaran West Ham United dan Southampton.

Hasil lengkap Boxing Day:

Chelsea 2 - 0 West Ham United
Burnley 0 - 1 Liverpool
Crystal Palace 1 - 3 Southampton
Everton 0 - 1 Stoke City
Leicester City 1 - 2 Tottenham Hotspur
Manchester United 3 - 1 Newcastle United
Sunderland 1 - 3 Hull City
Swansea City 1 - 0 Aston Villa
WBA 1 - 3 Manchester City