Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Futsal Membutuhkan Cairan Lebih Banyak

By Senin, 1 Desember 2014 | 17:42 WIB
Futsal, pemain lebih mobil. (POCARI SWEAT)

POCARI SWEAT Futsal Championship adalah turnamen futsal terbesar bertaraf nasional untuk pelajar tingkat SMA/sederajat yang memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pemuda dan Olah Raga. POCARI SWEAT Futsal Championship 2014 merupakan penyelenggaraan kelima sejak pertama kali digelar pada 2010.

Pergelaran POCARI SWEAT Futsal Championship yang rutin setiap tahun merupakan salah satu bentuk kepedulian POCARI SWEAT terhadap peningkatan prestasi olah raga di Indonesia dan atlet nasional. Bentuk dukungan terhadap kemajuan prestasi olah raga Indonesia dituangkan POCARI SWEAT dengan menjadi minuman resmi para atlet Indonesia sejak 17 Juli 2014.

POCARI SWEAT Futsal Championship tahun ini berlangsung ketat. Kondisi lapangan futsal yang lebih kecil dari lapangan sepak bola membuat pemain lebih mobile. Intensitas kecepatan dan tempo permainan juga lebih cepat dibanding bermain sepak bola.

Pasalnya, tiga momen dalam pertandingan futsal, yaitu bertahan, menyerang, dan transisi (dari bertahan ke menyerang atau sebaliknya) dilakukan dengan cepat karena waktu permainan futsal lebih singkat dibanding sepak bola. Jumlah pemain yang lebih sedikit ketimbang sepak bola juga menjadi faktor transisi dari bertahan ke menyerang atau sebaliknya dilakukan dengan cepat dan intens.

Karena ketatnya permainan dalam setiap pertandingan futsal, dasar yang harus dimiliki setiap pemain untuk bisa tampil bagus adalah dengan menjaga fokus. Efektivitas selalu ditekankan dalam bermain futsal. Satu atau dua sentuhan bola harus sudah efektif sampai ke gawang lawan.

“Cara melatih fokus pemain adalah dengan melakukan koreksi di setiap sesi latihan. Jangan cuma main saja. Harus ada evaluasi di setiap sesi latihannya,” Kata Ade Nurhadi, pelatih fisik timnas futsal Indonesia.

Penyelenggaraan POCARI SWEAT Futsal Championship 2014 tak hanya bertujuan memberi motivasi dan inspirasi, tetapi juga sebagai wujud komitmen POCARI SWEAT untuk memberi edukasi akan pentingnya bergerak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh agar dapat menjaga performa.

Futsal sangat menguras energi dan cairan. Sangat penting menjaga cairan tubuh dalam bermain futsal. Pasalnya, jika pemain dehidrasi 1-2% dari berat badan, maka dapat menurutkan fokus. Sementara jika dehidrasi 3-4% dari berat badan, maka dapat menurunkan performa fisik.

Setiap pemain perlu menjaga ketersediaan cairan tubuh karena 60% berat badan adalah cairan, terdiri atas air dan ION. Ada beberapa fungsi ION dalam tubuh di antaranya Ion Natrium (Na+) yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur fungsi neuromuscular (penghantar impuls saraf ke otot). Ion Magnesium (Mg2+) berfungsi dalam kontraksi otot dan aktivitas sel, metabolisme karbohidrat. Sementara Ion Klorida (Cl-) berfungsi pada tekanan darah dan aktivitas oksigen dalam sel.

Cara yang tepat menjaga cairan tubuh yang terdiri dari air dan ION adalah dengan meminum POCARI SWEAT. Hal itu dapat menjaga fokus dan perfoma ketika bertanding. Alasannya karena POCARI SWEAT komposisinya mirip dengan cairan tubuh, yaitu air dan ION, sehingga mudah dan cepat diserap oleh tubuh, bahkan lebih cepat daripada air biasa.