Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lahm Sudah Putuskan Ingin Pensiun Sebelum PD 2014

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 26 Juli 2014 | 13:32 WIB
Philipp Lahm (Matthias Hangst/Getty Images)

Mantan kapten tim nasional Jerman, Philipp Lahm akhirnya buka suara soal keputusannya pensiun dari sepak bola internasional. Lahm mengungkapkan bahwa rencana tersebut sedianya sudah dibuat jauh sebelum Piala Dunia 2014 bergulir.

Philipp Lahm sukses menutup kariernya dari sepak bola internasional dengan catatan manis. Pemain 30 tahun berhasil mengantarkan negaranya menjadi juara di Piala Dunia 2014.

Banyak pihak menyayangkan keputusan Lahm untuk pensiun dari timnas. Meskipun demikian, Lahm mengakui bahwa niatan gantung sepatu itu sudah menghantuinya jauh sebelum Piala Dunia 2014 berlangsung.

"Perlahan tapi pasti saya sampai pada keputusan untuk pensiun pada musim lalu. Saya tahu akan pensiun dari sepak bola internasional setelah Piala Dunia," kata Lahm.

"Saya senang dan bersyukur bahwa akhir karier saya di tim nasional bertepatan dengan memenangkan Piala Dunia di Brasil. Bagi saya pribadi, itu adalah waktu yang tepat untuk pensiun. Tim ini memiliki kemampuan yang tak terbatas, pencampuran yang baik serta talenta pendatang baru telah menunggu untuk bersinar." jelasnya.