Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serie A Tak Sekejam Dua Tahun Silam

By Beri Bagja - Jumat, 26 Desember 2014 | 23:00 WIB
Gianfranco Zola, pelatih terbaru di Serie A musim ini. (Chris Brunskill/Getty Images)

Menjelang akhir tahun 2014, sudah terjadi empat kali pergantian pelatih di Serie A musim ini. Cagliari adalah klub terbaru yang mengangkat juru latih anyar.

Pada malam Natal (24/12), Cagliari memberi pendukung mereka kado berupa sosok Gianfranco Zola. Dia akan menangani klub asal Pulau Sardinia itu sebagai pengganti Zdenek Zeman, yang dipecat sehari sebelumnya. Kedatangan Zola disambut antusias mengingat statusnya sebagai putra asli Sardinia dan eks pemain Cagliari pada 2003-2005.

“Selamat datang di rumah, Gianfranco.” Begitu bunyi pernyataan resmi Cagliari.

Jumlah empat kali pergantian arsitek tim sampai Natal atau menjelang pergantian tahun setara dengan situasi musim lalu. Pada titik yang sama di Desember 2013, sudah ada empat klub pula yang melakukan perombakan di kursi pelatih. Mereka yang berstatus pengganti ialah Gian Piero Gasperini (Genoa), Luigi De Canio (Catania), Sinisa Mihajlovic (Sampdoria), dan Eugenio Corini (Chievo).

Kondisi tersebut tak sekejam situasi yang terjadi dua tahun silam. Menjelang pergantian tahun di musim 2012/13, sampai ada tujuh kali pergantian pelatih! Arsitek tim yang masuk kala itu ialah Gasperini (Palermo), Corini (Chievo), Ivo Pulga (Cagliari), Luigi Delneri (Genoa), Cristiano Bergodi (Pescara), Beppe Iachini (Siena), dan Delio Rossi (Sampdoria).