Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arema Pilih Bali-Batu Sebagai Lokasi TC Favorit

By Ade Jayadireja - Jumat, 5 Desember 2014 | 21:17 WIB
TC Arema (Iwan Setiawan/Bolanews)

Saat ini tim pelatih Arema Cronus memang belum menentukan waktu dan lokasi pemusatan latihan. Sebab, mereka masih menunggu semua pemain bisa bergabung pada awal Januari. Tapi jika ditanya rencana untuk training center (TC), ada dua lokasi favorit yang disebutkan. Yaitu Bali dan Batu.

Untuk Bali, diakui punya kondisi lapangan bagus dan banyak pantai untuk latihan endurance. Selain itu, pemain juga bisa lebih fresh dengan suasana pariwisata Bali. Namun dalam tiga tahun terakhir justru tim Singo Edan tidak menggelar pemusatan latihan di Pulau Dewata.

”Kalau di Bali fasilitas lengkap. Pantai, jogging track, bersepeda dan banyak lagi yang lainnya. Kendalanya, beberapa musim ini TC Arema digelar mendekati kompetisi. Jadi cari yang dekat dengan Malang,” kata Media Officer Arema Sudarmaji.

Penyebab TC terlambat Singo Edan dalam tiga musim terakhir tak lepas dari sulitnya mengumpulkan pemain secara lengkap. Seperti musim ini, ada beberapa pemain dari timnas senior yang baru bergabung pekan depan. Selain itu, tiga pemain asing dan satu lokal pemain bidikan juga belum bisa didatangkan. Tim diprediksi lengkap hanya satu bulan jelang kompetisi diputar. Padahal idealnya persiapan dengan pemain lengkap dilakukan dalam dua bulan.

”Karena beberapa faktor itu, akhirnya Batu jadi salah satu lokasi favorit TC Arema. Musim ini sepertinya juga tetap di Batu,” lanjut Sudarmaji.

Meski jaraknya hanya 30 menit dari Malang, TC di Batu cukup efektif. Tapi tujuannya bukan untuk peningkatan fisik. Melainkan kebersamaan. Semua pemain dilarang pulang ke Malang selama pemusatan di Batu berlangsung. Itu sudah jadi aturan tetap selama tiga musim terakhir. ”Biasanya Arema pilih di Kusuma Agro. Karena hotelnya sudah ada fasilitas lapangan dan outbond,” imbuh dia.