Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persis Solo dan Jember United Pertajam Lini Depan

By Tulus Muliawan - Selasa, 2 Desember 2014 | 15:15 WIB
Ilustrasi: Piala Soeratin. (Suci Rahayu)

Piala Soeratin 2014 akhirnya memasuki fase akhir. Wakil Jawa Tengah, Persis Solo, dan wakil Jawa Timur, Jember United, bakal bertemu di laga final di Stadion Delta, Sidoarjo, Selasa (2/12).

Persis dan Jember United sudah siap 100 persen menjalani laga final. Evalausi permainan di laga semifinal telah dilakukan pada jeda pertandingan.

Satu kesamaan mereka adalah lemahnya penyelesaian akhir. Hal itu tampak saat Persis menghadapi Nusa Ina dengan skor 1-1 (3-1) dan Jember United kontra Bontang FC (3-2).

Meksipun Persis mendapatkan banyak peluang, di waktu normal dan tambahan waktu, Muhammad Edo cs. hanya mencetak satu gol. Pertandinganpun harus diakhiri dengan adu penalti.

"Terkait penyelesaian akhir memang masalah krusial bagi kami. Sejak di zona provinsi, Persis sudah mengalami masalah ini. Untuk partai puncak sebenarnya tidak bisa serta merta dapat mempertajam lini depan. Tapi akan tetap berusaha," kata Agus Pratikno, pelatih Persis.

Hal senada diutarakan arsitek JU, Achmad Jainuri. "Sejak awal barisan depan kami memang kurang tenang dalan memanfaatkan peluang. Terlebih lagi di babak penting seperti semifinal dan fnal. Hal yang wajar memang karena mereka masih muda. Tapi semoga di laga final kinerja lini depan bisa lebih baik," tuturnya.

Sebagai solusi permasalahan mereka, kedua pelatih menginginkan peran lini tengah bisa lebih baik lagi. "Di semifinal ada gap antara striker dan gelandang. Saat final saya tidak mau hal itu terjadi," ucap Jainuri.

Namun yang membuat Agus dan Jainuri lega adalah sudah mengetahui kekuatan lawan. Pasalnya, kedua tim pernah bertemu di babak regional. Saat itu kedua tim bermain imbang 1-1.

"Kami sudah sama-sama paham pemain yang harus diwaspadai. Jadi, saya rasa pertandingan bisa berjalan menarik," ujar Jainuri.