Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Setelah Kalah Kandang, Spanyol Mulai dari Nol Lagi

By Rizki Indra Sofa - Kamis, 20 November 2014 | 21:09 WIB
Vicente del Bosque (Spanyol) (Getty Images)

Tahun 2014 terbukti bukan periode yang pantas dikenang tim nasional Spanyol. Skuat La Furia Roja menjalani salah satu tahun terkelam sepanjang sejarah.

Skuat asuhan Vicente del Bosque bahkan menutup 2014 dengan kekalahan kandang perdana di era kepelatihan Del Bosque.

Spanyol kalah 0-1 dari Jerman di Pontevedra pada Selasa (18/11). Sejak Del Bosque mulai mengarsiteki Spanyol pada 11 Meret 2008, La Furia Roja tak pernah kalah jika berlaga di hadapan publik sendiri, baik itu di laga uji coba maupun partai resmi.

Kekalahan kandang terakhir Spanyol terjadi pada November 2006, ketika tim masih dilatih oleh mendiang Luis Aragones. Saat itu Spanyol juga kalah tipis 0-1, dari Rumania. Setelah itu, mereka melalui 34 laga kandang tanpa kekalahan, hingga pada lawatan tim Jerman ini.

Secara keseluruhan, keka-lahan Spanyol dari Jerman bak menyimpulkan perjalanan 11 bulan terakhir yang memang buruk. Pada periode tersebut, La Furia Roja kehilangan titel jawara dunia. 

“Memang 2014 bukan tahun yang baik, terutama atas hasil di Piala Dunia. Tapi, kami berniat menatap ke depan dengan penuh optimisme. Saat ini kami dalam masa transisi dan banyak pemain yang bisa diandalkan untuk masa depan,” tutur Del Bosque dalam konferensi pers seusai laga seperti dilansir As.