Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ingin Fokus, Ryuji Belum Berencana Temui Kerabat

By Tulus Muliawan - Selasa, 2 Desember 2014 | 09:39 WIB
Ryuji Utomo fokus jalani trial di Jepang (Muly Munial)

Seperti namanya yang berbau Jepang, Ryuji Utomo memiliki darah Jepang. Nenek Ryuji dari garis ibu, Yukiko Hayano memang bersal dari Jepang. Namun sang nenek telah meninggal beberapa tahun silam.

Kedatangan Ryuji ke Jepang untuk latihan dan mengikuti trial, 27 November - 4 Desember 2014 diajalani antusias oleh eks bek timnas U-19 tersebut. Jepang bukanlah negara asing baginya. "Sudah tiga kali saya ke Jepang, terakhir pada tahun 2009. Biasanya ke sini untuk mengunjungi kerabat," kata Ryuji kepada Bolanews di Iwata City. 

Kerabat bek kelahiran 1 Juli 1995 itu tinggal di seputaran Tokyo. "Masih ada tante dan sepupu di situ," ujarnya. Akan tetapi, dalam kunjungan ke Negeri Sakura kali ini Ryuji belum berencana bertemu atau mengunjungi kerabatnya.

Ia mengaku akan terlebih dahulu fokus pada persiapan trial yang digelar di Fukuda Denshi Arena, Chia, pada Rabu (3/12). "Nanti malah semua repot dan saya juga terpecah konsentrasinya. Lain kali waktu saja, yang penting saya sudah kabar-kabari bila ada ada di sini," kata Ryuji.

*Laporan langsung Aning Jati dari Shizuoka, Jepang.