Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Hitzfeld Tolak Menukangi Man. United

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 21 Juni 2014 | 19:42 WIB
Ottmar Hitzfeld (Stuart Franklin/Getty Images)

Pelatih tim nasional Swiss, Ottmar Hitzfeld mengungkapkan pernyataan mengejutkan. Pria berkebangsaan Jerman itu mengaku nyaris menjadi manajer Manchester United pada tahun 2002 silam.

Ottmar Hitzfeld mengatakan bahwa sebenarnya 14 tahun lalu, Sir Alex Ferguson sudah berencana untuk pensiun sebagai manajer Manchester United. Kubu Setan Merah pun bergerak cepat untuk mencari pengganti Sir Alex.

Nama Ottmar Hitzfeld menjadi salah satu kandidat kuat peneruh tahta Sir Alex. Namun, Hitzfeld yang kala itu menukangi Bayern Munchen, menolak tawaran menjadi manajer United karena kurang yakin dengan kemampuan berbahasa Inggris.

"Saya sebenarnya tak ingin terlalu menjelaskan permasalahan itu karena itu antara saya dan Manchester United. Tetapi, saya memutuskan bertahan di Jerman karena saat melatih saya ingin mengekspresikan diri dengan bahasa Jerman," kata Hitzfeld kepada ESPN.

"Saya tak yakin bisa berbicara dengan para pemain menggunakan bahasa Inggris. Karena Saya takkan bisa mengungkapkan perasaan dan emosi saya." jelas Hitzfeld.