Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Susul Hendra/Ahsan ke Semifinal

By Tulus Muliawan - Jumat, 20 Juni 2014 | 18:14 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melangkah ke semifinal. (Herka Yanis/Bolanews)

Pasangan ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menyusul langkah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan lolos ke babak semifinal BCA Indonesia Terbuka Super Series Premier 2014. Juara Dunia 2013 itu lolos setelah menyingkirkan wakil Inggris, Chris adcock/Gabriele Adcock, Jumat (20/6).

Pasangan Tontowi/Liliyana langsung bermain menyerang sejak pertandingan dimulai. Kombinasi pukulan yang mereka lancarkan mampu membuat pasangan Inggris kewalahan dan tertinggal jauh hingga 11-6.

Meski terus diserang, pasangan Inggris tak gentar. Smash bertubi yang dilancarkan Chris/Gabrielle juga beberapa kali membuat Owi/Butet kewalahan.

Akan tetapi, pengalaman dan kematangan permainan Owi/Butet berbicara banyak. Mereka menutup gim pertama dengan skor 21-12 setelah drive Butet gagal dikembalikan oleh Chris.

Pada gim kedua, Owi/Butet kembali tampil menyerang. Meski coba mengimbangi permainan, Chris/Gabriele tetap tak mampu membendung permainan cepat yang ditampilkan Owi/Butet. Pasangan nomor dua dunia itu unggul 11-5 di interval.

Owi/Butet terus melancarkan serangan selepas interval. Kendati beberapa kali pukulan Owi tersangkut di net, mereka tetap berhasil memetik kemenangan dalam dua gim langsung. Gim kedua berakhir dengan skor meyakinkan, 21-8.

Pada babak empat besar, Owi/Butet akan bertemu unggulan ketiga asal Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin. Xu/Ma lolos setelah menundukkan rekan senegaranya Kai Lu/Yaqiong Huang dengan skor 21-13, 21-17.