Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Laga Uji Coba vs Spanyol Jadi Pembuktian Podolski

By Indra Citra Sena - Rabu, 19 November 2014 | 00:10 WIB
Lukas Podolski, bertekad memukau pelatih Joachim Loew. (Christof Stache/AFP)

Penyerang tim nasional Jerman, Lukas Podolski mengemban misi khusus dalam laga uji coba menghadapi Spanyol, Selasa (18/11). Dia bertekad menjawab keraguan pelatih Joachim Loew terhadap kepantasannya mengenakan seragam Tim Panser di pertandingan internasional.

Usai kemenangan 4-0 atas Gibraltar di ajang Kualifikasi Piala Eropa 2016, Loew melontarkan pernyataan mengejutkan. Sang pelatih menyebutkan bahwa ia bersama jajaran pelatih akan segera mempertimbangkan kembali mengenai status reguler Podolski di timnas.

Salah satu surat kabar ternama di Jerman, Die Welt, bahkan telah menganalisa kemungkinan Podolski memperkuat timnas untuk terakhir kalinya di pertandingan versus Spanyol.

Alhasil, pemain keturunan Polandia tersebut wajib menampilkan seluruh kemampuan bila masih ingin menjadi bagian dari skuat Tim Panser di laga-laga internasional berikutnya.

“Saya siap bermain. Pelatih mungkin menyaksikan saya kehilangan ritme permainan di pertandingan kontra Gibraltar, Sabtu kemarin. Akan tetapi, saya akan berupaya keras meningkatkan performa,” ujar Podolski seperti dikutip dari Bild am Sonntag.

Situasi Podolski mengundang simpati dari manajer timnas Jerman, Olivier Bierhoff. Dia lantas menyemangati sang pemain agar segera bangkit dan memukau Loew di laga terdekat, yakni melawan Spanyol.

Podolski merupakan pemain penting di skuat Jerman selama sedekade terakhir. Terlepas dari segala kelemahan yang ia miliki, Podolski telah banyak menularkan aura positif ke dalam tim. Bahkan, saat berada di bangku cadangan, ia sering mengeluarkan lelucon guna mengangkat mood pemain lain,” ujar Bierhoff.