Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Skuat Muda Real Madrid Bisa Bertahan Lama

By Rizki Indra Sofa - Selasa, 25 November 2014 | 21:47 WIB
Raphael Varane (Getty Images)

Skuat Real Madrid saat ini masih berusia muda. Cuma Pepe, Iker Casillas, serta Alvaro Arbeloa yang sudah berusia kepala tiga.

Pepe dan Arbeloa sudah 31 tahun. Umur Casillas sudah 33 tahun. Sisa 22 nama lain di tim utama tak ada yang berusia kepala tiga. Raphael Varane menjadi personel termuda, 21 tahun.

Pergerakan transfer dengan melepas Xabi Alonso dan Diego Lopez (32 tahun) juga membantu peremajaan itu. Rataan usia skuat Madrid tanpa trio pemain senior tadi adalah 24 tahun. Pasukan asuhan Carlo Ancelotti ini masih bisa berjaya buat jangka panjang.

Kendati demikian, kubu Los Blancos sudah berpikir untuk era yang jauh lebih panjang lagi. El Real mencoba mengamankan masa depan dengan menggaet potensi bintang-bintang dunia. 

Beberapa bulan lalu, Madrid mengubah kebijakan transfer mereka buat pemain muda. Los Blancos memfokuskan targetnya pada bintang muda Spanyol dan Eropa yang bisa segera diintegra-sikan dengan tim utama dalam 3-4 tahun ke depan. Karena itu, usia pemain buruan, terutama yang datang dari luar Spanyol,  minimal harus 16 tahun.

Sepertinya pembelian Varane, yang datang dari Lens saat masih berusia 18 tahun, dan kesuksesan ia promosi serta beradaptasi di tim menjadi salah satu alasan.

Hal ini juga dimaksudkan El Real supaya mereka tidak terjegal kasus perekrutan di bawah umur seperti Barcelona dan La Masia, hingga berujung sanksi dari FIFA.