Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dikalahkan Israel, Bosnia Langsung Pecat Pelatih

By Verdi Hendrawan - Selasa, 18 November 2014 | 16:27 WIB
Safet Susic (Matthew Lewis/Getty Images)

3 atas Israel.

Kekalahan Bosnia atas Israel di Grup B kualifikasi Piala Eropa 2016 membuat Bosnia kini berada di peringkat ke-4 dengan raihan dua poin dari empat pertandingan. Sedangkan Israel memuncaki klasemen dengan sembilan poin dan memiliki satu pertandingan lebih banyak.

Sebenarnya Susic telah berada dalam tekanan setelah kekalahan mengejutkan Bosnia atas Siprus di pertandingan pertama. Hasil imbang 0-0 menghadapi Wales dan 1-1 atas Belgia masih bisa ditolerir, namun kekalahan dari Israel tampaknya sudah tidak bisa diterima, meskipun The Blues and Whites saat ini tengah tampil hebat.

Sejak menangani Bosnia pada 2009 lalu, Susic berhasil membawa Bosnia untuk pertama kali lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. Penampilan Edin Dzeko cs. pun cukup menjanjikan, meskipun gugur di fase grup.

Selain itu, Susic juga membuat keadaannya di dalam tim nasional menjadi tegang dengan beberapa pemain kunci, termasuk pencetak gol terbanyak mereka, Dzeko. Bahkan hal ini telah terjadi sebelum Piala Dunia bergulir ketika Bosnia dikalahkan Mesir dengan skot 0-2 pada Maret lalu.