Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Guus Hiddink Diminta Mundur dari Timnas Belanda

By Riemantono Harsojo - Selasa, 18 November 2014 | 13:07 WIB
(Getty Images)

0 dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2016, Minggu (16 November), publik Belanda banyak yang berharap agar pelatih Guus Hiddink mengundurkan diri.

Hal tersebut dapat dilihat dari polling yang diadakan oleh situs Voetbal Primeur. Ada 47 persen dari total peserta polling (1.325) yang mengklik pilihan berhenti untuk pertanyaan polling: Apa yang harus dilakukan Hiddink?


Pilihan lain dalam polling tersebut adalah bertahan sebagai pelatih kepala (37 persen) dan menjadi penasehat teknis (16 persen).


Media-media di Belanda sendiri mengabarkan bahwa posisi Hiddink memang belum aman meski De Oranje berhasil membantai Latvia 6-0. Persatuan sepak bola Belanda (KNVB) dikabarkan akan segera mengadakan pertemuan dengan Hiddink di markas mereka di Zeist.


Nama Danny Blind dijagokan sebagai pelatih yang pantas menggantikan Hiddink. Blind adalah asisten Hiddink. Ayah pemain Manchester United, Daley Blind, itu juga menjadi asisten dari Louis van Gaal di Piala Dunia 2014.


Hiddink mendapat kritikan setelah Belanda kalah dalam dua laga tandang di Kualifikasi Piala Eropa 2016, yakni 1-2 dari Republik Ceska dan 0-2 dari Islandia.