Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persebaya Ingin Tiga Pemain Asing Bertahan

By Aning Jati - Selasa, 18 November 2014 | 08:10 WIB
Isaac Pupo diminta bertahan oleh Persebaya. (Gonang Susatyo/Bolanews)

Meski tak mampu mengantarkan Persebaya menjuarai kompetisi LSI 2014, manajemen Persebaya mengaku puas dengan kinerja tiga pemain asingnya di musim lalu.

Performa Isaac Pupo (Liberia), Emmanuel 'Pacho' Kenmogne (Kamerun), dan Ok John (Nigeria) dinilai di atas rata-rata. Itulah mengapa Persebaya berniat mempertahankan ketiganya untuk tetap membela Persebaya di LSI 2015.

Namun, Persebaya harus segera bertindak cepat agar tak kehilangan momen. Pasalnya, mereka menjadi incaran banyak klub lain.

Pupo misalnya, pemain yang baru pertama kali berlaga di Indonesia musim ini, masih 'menggantungkan' nasibnya kepada mantan arsitek Persebaya, Rahmad Darmawan (RD). Artinya, ke mana pun RD pergi, Pupo akan mengikutinya.

"Pupo layak dipertahankan Persebaya. Cuma dia mengaku cocok dengan RD dan akan mengikuti RD," kata Dhimam Abror Djuraid, Direktur Olah Raga Persebaya.

Akan tetapi, semua masih bisa terjadi selama manajemen mampu meyakinkan Pupo untuk membela Persebaya lagi. Sebab Surabaya adalah kota yang spesial bagi Pupo.

"Pupo sempat bilang kalau cinta Surabaya, itu artinya ia masih ingin membela Persebaya," ucap Dhimam Abror.

Hanya, upaya untuk mempertahankan Pupo belum dilakukan secara kongkret oleh Persebaya. Menurut Abror, keinginan mempertahankan Pupo harus dibicarakan bersama direksi dan CEO.

Sedangkan untuk dua pemain asing lainnya, Ok John dan Pacho, mereka berdua juga punya kans untuk tetap bertahan di Persebaya.

"OK John mengaku siap. Pacho secara prinsip juga ingin bertahan, tapi harus menghubungi agennya, Francis Yonga (agen Pacho)," tutur Dhimam.