Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nadal Menangi Gelar Kesembilan di Prancis Terbuka

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 8 Juni 2014 | 23:50 WIB
Rafael Nadal (Getty Images)

Rafael Nadal sukses menjadi juara di Prancis Terbuka 2014 setelah mengalahkan Novak Djokovic di partai final, Minggu (8/6) malam WIB. Keberhasilan tersebut semakin mengukuhkan Nadal sebagai raja tanah liat karena kemenangan tersebut menjadikannya telah mengoleksi sembilan gelar grand slam di ajang Prancis Terbuka.

Itu merupakan gelar juara kelima secara beruntun bagi Rafael Nadal di Prancis Terbuka. Total gelar grand slam yang sudah dimenanginya sekarang menyamai jumlah torehan Pete Sampras dengan 14 gelar grand slam.

Untuk bisa menjadi petenis dengan gelar grand slam terbanyak, Nadal masih harus melewati rekor Roger Federer yang berstatus sebagai pemenang gelar grand slam terbanyak saat ini dengan 17 gelar. Itu berarti Nadal butuh tiga gelar lagi untuk menyamai Federer.

Nadal mengalahkan Novak Djokovic usai melakoni pertarungan sebanyak empat set dengan skor akhir 3-6, 7-5, 6-2, 6-4. Nadal memastikan kemenangan di set keempat saat Djokovic melakukan double fault saat match poin. Kemenangan ini juga menjadikan Nadal tetap sebagai petenis nomor satu dunia.