Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

San Antonio Spurs Diprediksi Kalah Setidaknya 4,5

By Eko Widodo - Minggu, 8 Juni 2014 | 22:31 WIB
LeBron James (kiri) akan dijaga mati Kawhi Leonard. (Getty Images)

voor 4,5 angka. Benarkah Spurs separah itu setelah menang 15 angka di laga pertama dengan selisih 15 angka?

Dalam latihan terakhir, Minggu (8/6), LeBron sudah terlihat siap. Namun ia tetap mendapatkan perawatan untuk mencegah kram. Secara keseluruhan, LeBron bertekad memberikan kemenangan kepada Heat.

Dari catatan statistik, Heat memiliki rekor 5-9 setelah kalah di gim pertama di era James-Wade-Bosh (sejak 2010-11). Miami kalah di gim pertama 2012 dan 2013 final NBA, namun menutup seri dengan menjadi juara. Heat di era Trifecta tak pernah tertinggal 0-2 di babak play-off.

Catatan rekor itulah yang dipegang untuk mengunggulkan Heat pada gim kedua. "Seri ini masih jauh sekali apalagi jika kami bisa menyamakan kedudukan," kata Dwyane Wade.

"Fokus kami adalah memenangi bola. Kami tahu apa yang harus kami lakukan di gim kedua," kata Wade.

Spurs tahu bahwa laga kedua akan semakin berat. 23 turnover pada gim pertama lalu tak bisa ditolerir. Spurs memang pernah meninggalkan LeBron 2-0 pada final 2007, namun saat itu ia masih di Cleveland, tanpa Wade atau Bosh.

"Mereka bisa setiap saat kembali dan mengambil kemenangan di kandang kami. Sebab mereka punya kapasitas dan membuktikan sudah dua kali juara berturut-turut. Kami akan sangat fokus. Kami akan antisipasi semua perubahan strategi mereka. Saya ingin bermain melawan LeBron di udara yang nyaman," kata Tony Parker, point guard Spurs kepada ESPN.

Para staf dan pemain Spurs juga sudah memegang data ini. Heat sudah bermain 46 straight play-off tanpa pernah kalah back to back! Artinya, mereka selalu menang setelah mengalami sebuah kekalahan di babak play-off.

Masih yakin Heat akan menyamakan 1-1? Jangan percaya dulu.

Gregg  Popovich memiliki 12 pemain yang akan membuat LeBron James berlari sepanjang 4x12 menit. Ada Manu Ginobili dan Boris Diaw yang akan menantang cadangan Heat memberikan support yang apik pada LeBron. Kawhi Leonard akan menjadi cermin LeBron sepanjang pertandingan, layaknya Alpha Dog, yang menjaga mati target yang dipasrahkan.