Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Media AS Sebut ke Jakarta Bale dibayar 56 Miliar

By Riemantono Harsojo - Senin, 2 Juni 2014 | 15:59 WIB
Gareth Bale menyapa fan di Monas, Jakarta. (Fernando Randy-BOLA)

Situs harian olah raga Spanyol, AS, menyebut bahwa bintang Real Madrid asal Wales, Gareth Bale, dibayar 3,5 juta euro atau sekitar 56 miliar rupiah untuk hadir di Jakarta mengikuti program sebuah produk.

Situs media olah raga yang bermarkas di Kota Madrid itu menulis: "Menurut Daily Star, untuk sebuah kunjungan yang hanya dua hari Bale mendapatkan 3,5 juta euro".

Namun, angka 3,5 juta euro atau 56 miliar rupiah itu hanyalah sekitar 3 bulan gaji Gareth Bale di Real Madrid. Mantan pemain Spurs itu mendapat bayaran 300.000 pound atau sekitar 5 miliar rupiah per pekan dari Real Madrid.


Gareth Bale memang berada di Jakarta pada 31 Mei dan 1 Juni lalu untuk memeriahkan kampanye dari sebuah produk makanan ringan. Sayap asal Wales itu juga melakoni acara klinik pelatihan dan jumpa bintang.


Acara jumpa bintang dengan Gareth Bale di Jakarta mendapat sorotan dari AS. Media Spanyol itu menulis untuk bisa bertemu, berfoto, dan mendapatkan tanda tangan Gareth Bale peserta acara dipungut bayaran dengan biaya sekitar 3 juta rupiah atau 190 euro yang disebut media AS cukup tinggi untuk Indonesia, negara yang mereka sebut memiliki pendapatan perkapita hanya 2.156 euro pertahun.

Buat sepak bola Indonesia, khususnya pembinaan di tingkat akar rumput, dana bernilai 56 miliar rupiah jelas sangat berguna sekali.