Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pro Duta Dukung Kebijakan Tanpa Pemain Asing

By Aning Jati - Rabu, 5 November 2014 | 18:22 WIB
Pro Duta sepakat tanpa pemain asing. (Abdi Panjaitan/Bolanews)

Kebijakan baru Divisi Utama tanpa pemain asing kemungkinan akan diterapkan mulai musim 2015.

Kontestan kompetisi kasta kedua di Indonesia itu merespons kebijakan itu. Salah satu klub yang mendukung 100 persen pemain lokal untuk Divisi Utama adalah Pro Duta.

Pelatih Pro Duta, Ansyari Lubis, menjelaskan kebijakan tanpa pemain asing di kompetisi 2015 sesuai dengan visi dan misi klub.

"Sejak saya bergabung di Pro Duta pada 2010, tim ini hampir tiap musim selalu diisi mayoritas pemain muda. Saya pikir keputusan PSSI ini sejalan dengan program Pro Duta yang selalu konsisten dengan pemain muda. Kami mendukung," kata Ansyari.

"Kebijakan penghapusan pemain asing di Divisi Utama sangat tepat. PSSI mendorong klub Divisi Utama untuk memberikan kesempatan pemain lokal menambah jam terbang sehingga akan berdampak ke timnas juga,” imbuh Asnyari.

Pro Duta langsung merespon Divisi Utama tanpa pemain asing itu. Tim kepunyaan mantan anggota Komeks PSSI Sihar Sitorus itu dikabarkan akan memberdayakan pemain U-19 yang kini dipersiapkan mengikuti turnamen Viareggio Cup di Italia.

"Kalau soal menggunakan pemain U-19 itu, Saya belum bisa jawab saat ini. Kami lihat perkembangannya dulu. Yang pasti Pro Duta akan tetap berusaha melahirkan pemain untuk timnas Indonesia," pungkas Ansyari.