Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alvaro Morata Menimbang Tawaran 11 Klub

By Suryo Wahono - Sabtu, 31 Mei 2014 | 01:02 WIB
Alvaro Morata (Handout/Getty Images)

Sebelum musim 2013/14 menyentuh garis finis, Alvaro Morata telah menyuarakan niatnya untuk tak memperpanjang masa kerja bersama Real Madrid. Sejak keputusannya tersebut, bomber muda Spanyol ini dibanjiri hingga 11 tawaran berbeda.

Di musim 2013/14, nama Morata sebetulnya berada jauh di depan Jese dalam piramida ujung tombak. Walaupun hanya mencetak sepasang gol dalam 15 penampilan, tapi kedua gol ini berhasil mengubah alur laga sehingga Morata cepat disebut sebagai calon pengganti Raul Gonzalez.

Akan tetapi, peruntungan pemain berusia 21 tahun tersebut tak mampu mempertahankan performanya di musim ini. Sial baginya, Jese muncul dengan kekuatan yang jauh lebih dahsyat sehingga Morata tak cuma kehilangan posisi di lapangan, tapi juga kehilangan label The Next Raul.

Menyadari posisinya di Bernabeu tak senyaman musim kemarin, wajar bila Morata memilih pintu keluar. Pasalnya, jika Jese kembali dari ruang terapi, duelnya menuju posisi ujung tombak akan kembali melibatkan dirinya dengan Benzema dan Jese.

Beruntung bagi Morata, penampilan “terbatas” sepanjang 2013/14 masih berbuah sembilan gol. Jika diambil rataan dari 738 menit yang terperinci dalam 34 laga tapi hanya enam kali start, artinya Morata mencatat satu gol setiap 70 menit. Angka ini melebihi statistik milik Gareth Bale, Benzema, maupun Cristiano Ronaldo.

Angka yang cukup menggiurkan bagi 11 klub yang dikabarkan tertarik menggiring Morata ke stadion mereka. Secara resmi baru Arsenal dan Juventus yang mengaku siap meminang Morata. Jika The Gunners bersedia merogoh kocek hingga 10 juta pound untuk bintang La Rojita di Euro U-21 2013 ini, Madrid berniat memakai Morata untuk pemanis pembelian Arturo Vidal dari Juventus.

Di samping Arsenal ketertarikan pada Morata dari kontestan Premier League juga datang dari Manchester United dan Tottenham Hotspur. Sementara itu, wakil Serie A yang bersaing dengan Juve adalah Internazionale Milan.

Villarreal adalah tim domestik yang diisukan paling santer mendekati Morata. Sementara itu, dari Bundesliga, Borussia Dortmund dan Wolfsburg dikabarkan telah mengajukan penawaran kepada agen peraih sepatu emas di Euro U-19 2011 dan Euro U-21 2013 tersebut.