Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Pemain Bintang Dunia Paling Setia (8)

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 14 November 2014 | 19:24 WIB
Francesco Totti (Getty Images)

Tidak banyak pemain dengan kualitas kelas wahid yang memiliki kesetiaan terhadap satu klub dalam sejarah sepak bola dunia. Banyak faktor yang mempengaruhi pemain bintang rela menanggalkan loyalitas.

8. Francesco Totti - AS Roma (707 penampilan)

290 gol dan 181 assist menjelaskan bahwa Francesco Totti selalu memberikan kontribusi di setiap pertandingan untuk AS Roma selama 21 tahun, sebuah statistik yang luar biasa. Totti mengabdikan seluruh kariernya untuk Roma dan menjadikannya sebagai pencetak gol dan penampilan terbanyak dalam sejarah I Lupi.

Totti juga dianggap sebagai satu pemain terhebat di generasinya dan juga sebagai pemain Roma terbaik yang pernah ada. Kapten Serigala Roma itu telah memenangi 11 Oscar Del Calcio, 5 kali dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik Italia dalam satu musim, dan 2 gelar pemain terbaik Serie A.

Totti juga sukses memenangi gelar Piala Dunia 2006 bersama timnas Italia dan finalis Euro 2000. Ia juga penyandang status pencetak gol terbanyak di Serie A dengan 235 gol sebagai pemain yang masih aktif. Setidaknya ada empat julukan berbeda untuk Totti, yakni Il Gladiatore, Er Pupone, Il Redi Roma, dan Il Bimbo d'Oro.