Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nedved: Kualitas Serie A Menurun Jauh!

By Tulus Muliawan - Sabtu, 8 November 2014 | 05:45 WIB
Pavel Nedved, kritisi kualitas Serie A. (Valerio Pennicino/Getty Images)

9 yang ditelan AS Roma atas Bayern Muenchen kembali menuai kritik. Kondisi ini dianggap sebagai sebuah gambaran betapa jauh sepk bola Italia tertinggal dari kompetisi lainnya.

Jika sebelumnya kritik untuk Serie A disampaikan pemain legendaris asal Jerman, Olivier Kahn, kini kriti itu datang dari Pavel Nedved. Bintang sepak bola Rep. Ceska itu pernah malang melintang di kancah Serie A.

Nedved menilai kondisi Serie A saat ini menurun jauh dibandingkan masa-masa sebelumnya. Itulah yang membuat tim-tim Serie A sulit bersaing di level Eropa. Seperti yang dialami AS Roma dan Juventus.

"Sepak bola Italia saat ini tidak lebih baik dari sebelumnya. Tapi saya rasa mereka akan segera bangkit. Italia sudah tidur
terlalu lama. Jadi harus segera bangun," ucap Nedved.

Meski mampu merajai Serie A dalam tiga musim terakhir, Juventus tak punya cukup kekuatan untuk bersinar di Eropa. Tahun lalu, Si Nyonya Tua finis ketiga di fase grup dan terhenti di perempat final Liga Europa.

"Perbedaan Muenchen dengan tim-tim Italia sangat drastis. Saya melihat itu dialami Juventus tahun lalu. Begitu juga dengan yang terjadi pada Roma tahun ini dengan kekalahan agregat 1-9," ucap Nedved.

Selama berkarier sebagai pemain, Nedved telah menghabiskan 13 musim di Serie A terhitung sejak 1996 hingga 2009. Nedved membela Lazio pada 1996–2001 dan memperkuat Juventus sejak 2001 hingga 2009.