Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Axiata Cup Janjikan Hiburan Menarik di Dua Negara

By Tulus Muliawan - Kamis, 30 Oktober 2014 | 22:25 WIB
Lee Chong Wei, pahlawan Malaysia di Axiata Cup. (Victor Fraile/Getty Images)

Piala Axiata 2014 kembali hadir dan siap untuk memberi suguhan menarik lewat pertandingan bulu tangkis antarpemain top dunia. Turnamen tahunan ini akan diadakan di Jakarta dan Kuala Lumpur akhir November.

Diprakarsai oleh Axiata Group sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia, turnamen ini menyiapkan hadiah total sebesar hadiah total satu juta dolar Amerika.

Turnamen Axiata edisi yang ketiga ini juga terselenggara berkat kolaborasi dan dukungan dari sejumlah kalangan seperti Konfederasi Badminton Asia (BAC) dan Total Sports Asia.

Delapan tim akan bertanding selama tujuh hari berturut-turut pada babak penyisihan di Britama Arena Sports Mall, Kelapa Gading di Jakarta mulai 27 November hingga 3 Desember.

Pertarungan akan dilanjutkan pada 6-7 Desember untuk babak semifinal dan final di Kuala Lumpur Badminton Stadium (KLBA) Cheras, Malaysia.

Format pertandingan masih sama dengan tahun lalu dimana setiap negara akan bertanding di empat kategori, yaitu perorangan pria dan wanita, ganda pria dan campuran.

Empat tim teratas denganpengumpulan angka terbanyak akan lolos ke babak play-off di Kuala Lumpur. Tim unggulan teratas akan bermain sebagai tim urutan keempat dan tim urutan kedua akan akan bermain sebagai tim peringkat ketiga setelah babak penyisihan.

Tim Bintang Eropa, yang berada di peringkat ke lima tahun lalu dan memenangkan hadiah 60 ribu dollar AS, siap bertanding lagi dengan tim Bintang Asia di kejuaraan ini.

Mereka akan bergabung dengan pemain papan atas dari kontestan asala Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura dan Filipina.