Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Oliver Khan: Serie A Sudah Jauh Tertinggal

By Verdi Hendrawan - Jumat, 7 November 2014 | 17:33 WIB
Oliver Kahn (Alexander Hassenstein/Getty Images)

Mantan kiper Bayern Muenchen, Oliver Kahn, memberikan kritik tajam kepada sepak bola Italia usai AS Roma menelan kekalahan kedua dari Die Bayern. Pria berusia 45 tahun itu mengatakan bahwa Serie A sudah jauh tetinggal dari liga besar lainnya di Eropa.

Roma sempat dikalahkan oleh Muenchen dengan skor 1-7 di matchday 3 Liga Champion. Di pertemuan berikutnya, Giallorossi kembali kalah meski hanya dengan skor 0-2 di Allianz Arena.

Hal ini dipandang oleh Kahn sebagai kemunduran persepakbolaan di Italia. Pasalnya dalam beberapa tahun sebelumnya, Jerman selalu merasa ketakutan setiap bertemu dengan Italia, baik di level klub maupun timnas.

"Dulu sepak bola Jerman ketakutan ketika harus berhadapan dengan Italia. Namun, sekarang yang terjadi sebalikannya. Setelah undian, anyak orang yang berkata ini grup maut, namun di mana posisi mereka," kata Khan kepada Corriere dello Sport.

"Saya tidak pernah membayangkan Roma seburuk ini. Mereka datang ke kandang kami dengan satu pikiran di benak mereka, yaitu untuk tidak kalah dengan selisih yang besar."

"Ini tentu merupakan sebuah kekecewaan. Semua tim Italia memainkan permainan dengan tempo lambat dan kuno. Mereka tidak memiliki bayangan tentang apa yang harus dilakukan melawan tim yang dinamis. Itulah mengapa Roma tidak terbiasa dengan ritme permainan Bayern."