Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pejabat FA: Cewek itu Tempatnya di Dapur, Diskors

By Suryo Wahono - Kamis, 30 Oktober 2014 | 07:44 WIB
Sian Massey, salah satu wasit cewek yang disegani. (Getty Images)

Seorang pejabat FA Inggris terkena hukuman skorsing selama empat bulan akibat berkata kepada wasit perempuan bahwa "tempat perempuan adalah di dapur, bukan di lapangan sepak bola".

John Cummings, nama si pejabat, adalah wakil presiden FA di Northumberland County. Dia mengatakannya kepada Lucy Mei, petugas pelatihan wasit. Insiden tersebut terjadi selama acara lokakarya bulan Maret lalu, setelah dia ditanyai Mei soal kemungkinan adanya wasit perempuan di Liga Hari Minggu di North East.

Menurut laporan BBC, Cummings mengatakan kepada Mei bahwa dia "tidak akan mampu menanganinya". "Ini bukan soal pribadi tetapi sepanjang waktu saya masih hidup, seorang perempuan tidak akan pernah menjadi wasit di liga saya".

Selain skorsing, Cummings juga didenda 250 poundsterling dan harus menghadiri program pendidikan sebelum bisa kembali ke posisinya,

Cummings awalnya membantah adanya percakapan dengan Mei tersebut. "Ini lelucon terhadap saya. Maksudnya, tempat perempuan adalah di rumah dan lain-lain, jadi apa bedanya mengatakan itu di depan semua rekan-rekannya? Dia jelas harus menyadari itu lelucon."

Tapi Cummings mungkin bisa mengajukan banding atas keputusan tersebut.