Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Sergio van Dijk Layak Dipanggil Timnas

By Peksi Cahyo Priambodo - Rabu, 29 Oktober 2014 | 15:08 WIB
Sergio van Dijk dalam pertandingan Indonesia melawan Arab Saudi di Senayan pada Maret 2013. (Peksi Cahyo-BOLANEWS)

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, memanggil penyerang naturalisasi Sergio van Dijk sebagai salah satu dari 35 pemain yang disiapkan untuk Piala AFF 2014. Berikut alasan kenapa penyerang berdarah Belanda itu layak dipanggil timnas.

Sergio van Dijk memang tidak selalu dimainkan oleh klubnya di Thailand Premier League sejak Juli 2014, Suphanburi. Namun, dalam tiga laga terakhir di Thailand Premier League, Sergio van Dijk selalu diturunkan oleh pelatih Suphanburi asal Bulgaria, Velizar Popov.


Yang lebih penting adalah Sergio van Dijk tidak sekedar bermain. Penyerang berukuran tinggi 185 cm itu sering menjadi andalan Suphanburi dalam menuntaskan serangan tim melalui bola-bola udara. Bahkan Sergio van Dijk menjadi penentu kemenangan 1-0 atas tuan rumah Chainat Hornbill pada 22 Oktober lalu melalui gol sundulan di menit ke-86.


Pelatih Alfred Riedl sendiri menjadi saksi kegunaan Sergio van Dijk dalam memanfaatkan bola atas di kotak penalti lawan. Kebetulan Alfred Riedl datang khusus ke Bangkok pada 26 Oktober lalu untuk menyaksikan langsung duel Suphanburi melawan TOT.


Sergio van Dijk memang tidak mencetak gol di laga kandang Suphanburi melawan TOT itu. Namun, di laga itu Sergio van Dijk memiliki satu sundulan menyilang dari dalam kotak penalti yang dengan susah payah harus ditepis kiper TOT.


Ada kegunaan lain jika Sergio van Dijk masuk skuat Indonesia di Piala AFF 2014. Dia bisa membocorkan kemampuan salah satu gelandang andalan timnas Thailand yang memiliki darah Swiss, Charyl Chappuis. Sergio van Dijk adalah salah satu rekan setim Charyl Chappuis di Suphanburi. Charyl Chappuis menjadi salah satu bintang Thailand saat mencapai semifinal Asian Games 2014, termasuk saat menggilas Garuda Muda 6-0 di fase grup.


Jika lolos ke semifinal, Indonesia berpotensi bertemu Thailand. Pada fase grup yang dimainkan di Vietnam mulai 22 November, timnas satu grup bersama Vietnam, Filipina, dan Laos.


Sergio van Dijk belum pernah mencetak gol buat timnas. Mantan pemain Persib dan Sepahan (Iran) ini baru dua kali membela Garuda, yakni dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2015 kontra Arab Saudi (Maret 2013) di Senayan dan laga uji coba melawan Belanda (Juni 2013) di Senayan.