Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSS dan PSIS juga Terancam Degradasi

By Suryo Wahono - Selasa, 28 Oktober 2014 | 22:55 WIB
Pemain dan pelatih PSIS saat menanti keputusan Komdis PSSI. (Herka Yanis/Bolanews)

Aksi sepak bola gajah yang dilakukan oleh PSS dan PSIS menjadi tamparan keras buat sepak bola Indonesia. Komdis PSSI telah menjatuhkan sanksi diskualifikasi kepada kedua klub dari kompetisi Divisi Utama 2014.

Padahal, kedua tim sudah memastikan tiket lolos ke semifinal. Dugaannya, mereka menghindari Borneo FC di semifinal dan tidak ingin menang di laga tersebut. Ancaman Komdis tidak berhenti sampai di situ. Komdis akan melakukan investigasi lebih lanjut. Para pemain dan manajemen juga masih diperiksa lebih dalam.

“Selama dua pekan kami akan melakukan investigasi lebih dalam. Sanksinya lebih berat, yakni degradasi jika Komdis menemukan temuan baru terkait dengan tindakan mencoreng fairplay dan integritas sepak bola. Terlebih jika mengarah pada match fixing atau ditemukannya uang dalam kasus ini,” kata Hinca Panjaitan, Ketua Komdis PSSI.

Komdis menilai, aksi sepak bola gajah PSS dan PSIS tidak dapat dimaafkan. Selain mencoreng prinsip dasar sepak bola dan olah raga, kedua tim juga mencemarkan nama sepak bola Indonesia yang tengah berjuang bangkit.