Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Grzegorz Krychowiak Jadi Nyawa Sevilla

By Indra Citra Sena - Selasa, 28 Oktober 2014 | 22:21 WIB
Grzegorz Krychowiak, berperan vital di lini sentral Sevilla. (David Ramos/Getty Images)

1 di laga pekan ke-9 La Liga 2014/15, Minggu (26/10). Raihan 22 poin, dengan perincian tujuh menang, satu imbang, dan satu kalah, merupakan yang terbaik sepanjang sejarah klub.

Catatan tersebut mengalahkan rekor 21 poin pada sembilan pekan pembuka La Liga 2006/07. Kala itu, Sevilla asuhan pelatih Juande Ramos sanggup membukukan tujuh kemenangan dan dua kekalahan.

Sebagian kalangan menyebutkan bahwa keberhasilan Sevilla membuat sejarah sekaligus menyamai perolehan poin Barcelona di puncak klasemen sementara bertumpu pada racikan jitu pelatih Unai Emery. Sebagian lain sepakat menunjuk kesolidan lini sentral tim, yang dipimpin oleh Grzegorz Krychowiak.

Gelandang yang direkrut dari Stade de Reims pada bursa transfer musim panas lalu itu layaknya nyawa Sevilla. Dia mampu mengemban peran sebagai pengalir bola dan pengatur serangan dengan baik. Kekhawatiran yang sempat dirasakan para fan pasca kepindahan Ivan Rakitic ke Barcelona pun hilang tak berbekas.

Berdasarkan statistik di situs Who Scored, Krychowiak bahkan memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh Rakitic, yakni memenangi duel udara. Hingga pekan ke-9, pemain berkebangsaan Polandia itu telah sukses memenangi 36 duel udara atau empat duel udara per laga.

Berbagai nilai plus di atas membuat para fan menaruh harapan besar kepada Krychowiak. Jika dapat menjaga konsistensi di laga-laga berikutnya, dia akan bisa membawa Sevilla ke persaingan memperebutkan titel juara La Liga dengan Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.