Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menanti Aksi Tiga Debutan

By Ade Jayadireja - Senin, 3 November 2014 | 20:48 WIB
Roger Federer (Getty Images)

16 November.

Tak hanya aksi anggota The Big Four, minus Rafael Nadal, yang bakal beradu taji, tapi para kuda hitam, terutama yang baru pertama kali menginjak kaki di turnamen bergengsi, siap menyuguhkan kejutan seperti yang pernah mereka tunjukkan di sepanjang musim.

Meski kandidat juara masih dipegang petenis papan atas, seperti petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic yang baru saja menjuarai Paris Masters, atau Roger Federer yang membidik peringkat satu dunia di peluang terakhir pada turnamen ini, namun jangan lupakan peluang para petenis lainnya.

Mulai dari Andy Murray, yang bisa menggila bermain di depan publiknya sendiri, atau tiga debutan, seperti Kei Nishikori, Milos Raonic, dan Marin Cilic, yang selama tahun ini pernah mengalahkan Djokovic, Federer, atau petenis top 5 lainnya.

"Saya senang bisa memasuki turnamen ATP World Tour Final dengan modal gelar di Paris," ujar Djokovic. "Namun, bagaimanapun London merupakan turnamen yang berbeda dengan persaingan yang jauh lebih berat. Semoga saya bsia menjaga performa seperti pekan lalu. Itu sudah sangat bagus," tambahnya.

Turnamen penutup tahun itu juga menjadi kesempatan bagi Stanislas Wawrinka dan Tomas Berdych untuk menunjukkan kualitasnya. Wawrinka, contohnya. Meski meraih tiga gelar tahun ini, termasuk grand slam di Australai Terbuka, namun petenis Swiss ini belum lagi menjadi juara sejak April lalu. Begitu pula Berdych yang lolos ke London pada detik-detik akhir setelah lolos ke semi final Paris Masters. Padahal, ia hanya juara di dua turnamen tahun ini.

Daftar Petenis Lolos ke ATP World Tour Finals

1 Novak Djokovic Srb 10.010
2 Roger Federer Swi 8.700
3 Stan Wawrinka Swi 4.895
4 Kei Nishikori Jpn 4.625
5 Andy Murray Ing 4.475
6 Tomas Berdych Ces 4.465
7 Milos Raonic Kan 4.440
8 Marin Cilic Kro 4.150

Cadangan:
10 David Ferrer Spa 4.045
14 Feliciano Lopez 2.130

3- Rafael Nadal 6.835 (undur diri)