Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Luis Suarez Nyaris Selalu Bikin Gol di Debut Liga

By Riemantono Harsojo - Sabtu, 25 Oktober 2014 | 12:57 WIB
(Getty Images)

Real Madrid harus mewaspadai Luis Suarez yang akan menjalani pertandingan debut La Liga bersama Barcelona dalam laga el clasico di Santiago Bernabeu, Sabtu 25 Oktober. Luis Suarez memiliki sejarah bagus dalam pertandingan debut bersama klub baru di liga.

Luis Suarez hampir selalu bikin gol dalam pertandingan debut di liga bersama klub baru. Catatan bagus itu dimulai Luis Suarez bersama Ajax Amsterdam pada musim 2007/08. Pada laga pertama di Liga Belanda bareng Ajax melawan tuan rumah De Graafschap, 19 Agustus 2007, penyerang asal Uruguay itu mencetak satu gol.

Luis Suarez bikin gol yang membuat Ajax unggul 2-0 atas De Graafschap. Pertandingan pekan pertama Liga Belanda musim 2007/08 itu akhirnya dimenangi Ajax dengan skor 8-1.

Pada Januari 2011, Liverpool membeli Luis Suarez dari Ajax. Pada pertandingan debut bersama Liverpool di Premier League melawan Stoke City di Anfield pada 2 Februari 2011, Luis Suarez mencetak gol kedua kemenangan 2-0 Liverpool setelah masuk ke lapangan di babak kedua.

Selama berkarier di Eropa, hanya di Groningen saja Luis Suarez gagal bikin gol pada laga debut di liga. Namun, Luis Suarez melakukan debut liga bareng Groningen ketika laga pertama musim 2006/07 kontra Feyenoord pada Agustus 2006 tinggal tersisa dua menit lagi.

Luis Suarez baru main lagi bersama Groningen pada pekan keempat Liga Belanda pada 17 September 2006. Prestasinya pun bagus. Dimainkan sebagai starter, Luis Suarez bikin assist untuk gol kemenangan 1-0 Groningen atas tuan rumah Sparta Rotterdam yang dicetak oleh Stefano Seedorf pada menit ke-88.

Menyimak pencapaian Luis Suarez bersama klub baru di laga-laga awal liga, Real Madrid jelas harus mewaspadai pemain yang baru lepas dari hukuman FIFA karena menggigit lawan di Piala Dunia 2014 itu.