Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Luis Suarez Belum Diizinkan Main Pada El Clasico?

By Peksi Cahyo Priambodo - Sabtu, 25 Oktober 2014 | 12:28 WIB
Luis Suarez sudah berlatih bersama rekan lainnya. (David Ramos/Getty Images)

Hampir semua media memberitakan hukuman Luis Suarez akan berakhir dan bisa bermain pad El Clasico nanti. Faktanya, para pengacara yang berkecimpung di hukum olah raga menyatakan hukuman Suarez berakhir tepat pada tanggal 25 Oktober 2014.

Luis Suarez adalah bintang yang ditunggu kemunculannya pada El Clasico nanti. Sayangnya, simpang siur tentang penampilan Suarez justru merebak jelang El Clasico.

Jugones yaitu program acara televisi olah raga di televisi streaming LaSexta, Spanyol menjadi media pertama yang memberitakan tentang kemungkinan tidak bermainnya Luis Suarez. Jurnalis media tersebut mewawancarai salah satu anggota Deporte de Ley. Deporte de Ley adalah sebuah portal berita yang dibentuk oleh para pengacara yang berkecimpung di hukum olah raga.

Deporte de Ley
merilis artikel mengenai bisa tidaknya Suarez berlaga pada El Clasico. Mereka merujuk putusan yang dikeluarkan oleh CAS (Court of Arbitration for Sport) atau pengadilan arbitrase internasional untuk olah raga. Putusan CAS adalah :
1. Luis Suarez dihukum tidak boleh bermain dalam laga resmi selama 4 bulan terhitung mulai tanggal 25 Juni 2014.
2. Hukuman selama 4 bukan tersebut akan berakhir pada tanggl 25 Oktober 2014.

Deporte de Ley mengklaim bila hukuman Suarez baru masih berlaku hingga tanggal 25 Oktober 2014 pukul 23:59. Artinya merujuk pada putusan CAS tersebut, Suarez baru boleh bermain pada laga resmi mulai tanggal 26 Oktober 2014.

Bila Barcelona nekat memainkan Suarez pada daftar susunan pemain inti di laga El Clasico esok maka sanksi pun sudah disiapkan. Kehadiran Luis Suarez pada El Clasico selain memperkuat daya gedor Barca juga membuat reputasi El Clasico menjadi laga terpanas di muka bumi ini tetap terjaga.