Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Semen Padang Terancam Sanksi Komdis Lagi

By Aning Jati - Kamis, 30 Oktober 2014 | 17:15 WIB
Ezteban Vizcarra saat menjamu Juan Revi (Arema) di Padang (29/10). (Iwan Setiawan)

Kubu Semen Padang melayangkan surat protes kepada PT LI atas kinerja wasit Novari Ikhsan yang memimpin pertandingan melawan Arema Cronus, Rabu (29/10).

Pada pertandingan krusial di Stadion H. Agus Salim, Padang itu, wasit Novari dianggap berat sebelah yang membuat asa Kabau Sirah ke semifinal LSI 2014 pupus. Skor akhir 2-2 menghentikan langkah perempat finalis Piala AFC 2013 itu di babak 8 besar.

Namun, belum mendapatkan tanggapan atas protes itu, SP justru sudah terancam sanksi Komdis.

Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan, yang menyaksikan langsung pertandingan di Padang, mengungkapkan panpel SP terancam sanksi karena tidak mampu memberikan rasa aman dan nyaman pada tim tamu.

Seperti diketahui, seusai pertandingan, bus yang membawa kubu Singo Edan ke Hotel Basko dilempari batu oleh oknum pendukung tuan rumah. Mereka meluapkan kekecewaan atas hasil imbang yang membuat tim kesayangan gagal ke semifinal.

Kurnia Meiga dkk. sempat tertahan hampir satu jam lamanya di dalam stadion untuk menghindari kericuhan. Flare juga terlihat menyala di dalam stadion saat pertandingan.

"Kejadian itu akan masuk sidang Komdis," ujar Hinca.

Beberapa hari lalu Panpel SP sudah terkena sanksi denda Rp50 juta akibat pelemparan berbagai benda kala menjamu Persib (15/8). Komdis memperingatkan akan menjatuhkan sanksi lebih berat dan denda lebih besar bila pelemparan kembali terjadi di laga kontra Arema.