Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Herrera Diduga Terlibat Pengaturan Skor

By Suryo Wahono - Selasa, 21 Oktober 2014 | 22:01 WIB
Ander Herrera (Kevork Djansezian/Getty Images)

Gelandang Manchester United, Ander Herrera, dikabarkan segera kembali ke Spanyol untuk menjalani pemeriksaan dalam kasus pengaturan skor saat masih membela Zaragoza.

Menurut Marca, Selasa (21/10), Herrera adalah salah satu dari sembilan orang yang dicurigai terlibat kasus tersebut di mana Zaragoza menekuk Levante 2-1 di partai terakhir La Liga 2010/11.

Kala itu Los Manos terancam turun kasta ke Segunda Division andai dikalahkan Levante. Berupaya mencegah hal tersebut, Presiden Zaragoza, Agepito Iglesias, menyuap 12 pemain Levante dengan masing-masing mendapat 120 ribu euro (sekarang senilai 1,8 miliar rupiah).

Namun, Iglesias tidak menyerahkan uang suap itu secara langsung ke punggawa Levante. Dia mengutus 12 pemainnya yang tampil sebagai starter mendekati para pemain lawan.

Herrera diyakini enggan melakukan perintah tersebut dan mengembalikan uang yang diserahkan kepadanya ke Zaragoza. Tapi, dia tidak mengadu hal tersebut kepada Badan Anti Korupsi Spanyol, seperti yang diperbuat rekan-rekannya yang kontra atas permintaan Iglesias.

Mereka yang Diinvestigasi

Pemain

Klub Sekarang

Gabi

Atletico