Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cara-Cara Daley Blind Bikin Gol: Kiri-Kanan, Jauh

By Riemantono Harsojo - Selasa, 21 Oktober 2014 | 12:51 WIB
Dakey Blind setelah mencetak gol kedua Belanda ke gawang Brasil di Piala Dunia 2014 pada 12 Juli 2014 di Brasilia. Belanda memenangi laga dengan skor 3-0. (AFP)

Bek dan gelandang Daley Blind dikenal sebagai pemain yang memiliki kaki kiri kuat. Namun, saat berhasil mencetak gol untuk tim pemain asal Belanda itu tak hanya mengandalkan kaki kiri.

Daley Blind juga bisa mencetak gol dengan kaki kanan. Faktanya, dari lima gol yang sudah dicetak pemain Manchester United ini sepanjang karier profesionalnya, dua gol berasal dari sepakan kaki kanan Daley Blind. Tiga gol lain dibuat pemain binaan Ajax itu dengan kaki kiri.


Fakta menarik lain, Daley Blind sejauh ini selalu bergantian mencetak gol dengan kedua kakinya. Diawali dengan kaki kiri dan terakhir ia menggunakan kaki yang sama saat menjebol gawang West Brom dalam laga pekan kedelapan Premier League, 20 Oktober. Apakah gol keenamnya akan tercipta dengan kaki kanan? Menarik ditunggu.


Fakta lain soal gol Daley Blind adalah lokasi tempat ia mengeksekusi gol. Pemain 24 tahun itu mencetak dua gol dari dalam kotak penalti dengan masing-masing menggunakan kaki kiri dan kanan.


Gol debutnya bersama Ajax ke gawang Roda JC (10 Februari 2013) lahir dengan cara meluncur sambil mencocor bola dengan kaki kiri hasil operan Isaac Cuenca di muka gawang.


Gol lain Daley Blind dari dalam kotak 16 tercipta pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2014 antara Belanda melawan Brasil pada 12 Juli 2014. Ia bikin gol kedua Belanda dengan tendangan kaki kanan dari dekat titik penalti setelah sebuah bola liar mengarah padanya.


Tiga gol lain Daley Blind berasal dari tembakan jarak jauh. Gol tembakan jarak jauh pertama Daley Blind datang dari kaki kanan sang pemain saat melawan AZ Alkmaar (17 Maret 2013).


Gol pertama jarak jauh Daley Blind dengan kaki kiri tercipta ke gawang FC Utrecht (2 Februari 2014). Saat itu ia melepas tendangan kaki kiri lurus mendatar dari jarak sekitar 35 meter dari gawang.


Gol kedua Daley Blind dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti tercipta pada 20 Oktober lalu ke gawang West Brom. Tak seperti gol ke gawang Utrecht, Daley Blind bikin gol dengan cara melepas tembakan kaki kiri sedikit melengkung.