Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jamal Crawford Cadangan Terbaik dan Tertua

By Eko Widodo - Jumat, 9 Mei 2014 | 18:16 WIB
Jamal Crawford, tidak mau bermain dari bangku cadangan di LA Clippers. (Getty Images)

Pemain cadangan LA Clippers, Jamal Crawford menjadi Pemain Cadangan Terbaik musim 2013/14 (NBA Sixth Man Award). Inilah kedua kali Crawford mendapatkan gelar itu setelah mendapatkannya ketika bermain di Hawks 2009/10.

Dalam sejarah, hanya empat pemain yang pernah mendapatkan gelar ini dua kali. Selain Crawford, ketiga pemain lain adalah Detlef Schrempf/Pacers (1990-91, 1991-92); Ricky Pierce/Bucks (1986-87, 1989-90); Kevin McHale (1983-84, 1984-85).

Crawford juga menjadi pemain pertama yang mendapatkan gelar dengan klub yang berbeda. Ia juga menjadi pemain tertua (34 tahun).

"Bermain dari bangku cadangan bukan berarti tidak memiliki kontribusi. Semua tim ingin menang. Namun, kemenangan itu dipengaruhi seberapa bagus pemain keenam  sampai kesembilan yang dimiliki," kata Crawford, kepada ESPN.

"Tidak semua bisa menjadi pemain utama. Jangan ragu mengambil peran sebagai pemain pengganti," ucap Crawford.

Dari bangku cadangan, Crawford mencatat statistik 18,6 angka per gim. Ia bermain 45 kali dari bench dari 69 laga yang dimainkan musim ini. rekor Clippers di 82 gim reguler 57-25. Clippers mencatat rekor memang kalah 31-14 selama diperkuat Crawford dari bench.

"Pemilih memilih Crawford karena melihat peran yang ia mainkan. Ia bisa bermain defense sangat baik. Juga bisa mengatur pemain seperti Chris Paul. Ia pemain serba guna yang kami miliki," kata Doc Rivers, pelatih kepala LA Clippers.

Crawford berterima kasih karena di bawah asuhan Doc Rivers, visi bermainnya tetap terjaga. "Sejujurnya, coac Rivers mengubah paradigma saya tentang cara bermain. Ia memberi cara pandang lain tentang peran pebasket dalam sebuah pertandingan," ucap Crawford.

Crawford absen dalam 13 laga di Maret dan April karena cedera.