Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cech Beri Courtois Saran Mengenai Striker EPL

By Verdi Hendrawan - Senin, 20 Oktober 2014 | 20:41 WIB
Petr Cech (kiri) berikans aran kepada Thibaut Courtois tentang striker Premier League. (Paul Gilham/Getty Images)

Petr Cech yang saat ini posisinya tergeser oleh Thibaut Courtois sebagai kiper Chelsea, ternyata masih memberikan perhatian positif kepada kompetitornya itu. Hal ini dilakukan Cech agar Courtois tidak bernasib sama dengan dirinya yang harus menggunakan pelindung kepala.

Hingga kini, Cech selalu menggunakan pelindung kepala setiap kali tampil baik bersama Chelsea maupun Repiblik Ceska. Hal ini dilakukan sejak kiper berusia 32 tahun itu menderita cedera gegar otak ringan saat membela Chelsea menghadapi Reading di Premier League musim 2006/07 atas terjangan Stephen Hunt.

Hal hampir serupa sempat terjadi kepada Courtois kala Chelsea menghadapi Arsenal. Kiper muda Belgia itu harus ditarik keluar setelah kepalanya berbenturan dengan kaki Alexis Sanchez. Hal ini membuat Cech memberikan sedikit saran mengenai striker-striker Premier League.

"Saya sudah memainkan dua pertandingan dengan tim nasional setelah cedera menghadapi Arsenal. Jadi tidak ada masalah pada diri saya. Saya hanya berpikir untuk tidak lagi menjatuhkan diri ke kaki pemain lawan. Apa yang terjadi menghadapi Arsenal adalah sebuah nasib buruk, namun hal seperti itu bisa terjadi," kata Courtois.

"Petr mengirim saya pesan setelah pertandingan menghadapi Arsenal. Ia mencoba menelepon, namun saya tidak menjawab telepon sehingga ia mengirim pesan SMS. Dia mengatakan kepada saya bahwa Premier League, beberapa striker bersikap keras terhadap kiper. Jadi akan lebih baik untuk melindungi kepala Anda, menjatuhkan diri lebih cepat menggunakan bahu atau kaki untuk melindungi kepala."

"Itulah saran yang telah dia berikan kepada saya. Ini sangat bagus untuk mengetahuinya, karena ketika Anda baru bermain di liga baru, akan ada banyak hal yang berbeda," lanjutnya.