Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tujuh Penggawa U-19 Gabung Persebaya Musim Depan

By Aning Jati - Minggu, 19 Oktober 2014 | 16:35 WIB
Evan Dimas, satu dari tujuh pemain U-19 yang dikontrak Persebaya (Herka Yanis Pangaribowo/Bolanews)

19 2014 di Myanmar, para penggawa U-19 kini menjalani masa rehat bersama keluarga di kediaman masing-masing.

Beberapa pemain yang sudah memiliki klub profesional ditunggu untuk segera bergabung dalam sesi latihan, seperti PSM.
Namun, tidak demikian halnya dengan Persebaya. Walau mengontrak tujuh pemain U-19, belum satu pun dari ketujuh pemain itu yang bergabung dengan Persebaya.

Pasalnya, manajemen Persebaya memang sudah mengontrak mereka, tapi belum didaftarkan ke PT Liga Indonesia.
Kebijakan tidak mendaftarkan ketujuh pemain itu terkait perjanjian antara klub pengontrak dengan Badan Tim Nasional (BTN). Klub diizinkankan mengontrak Evan Dimas dkk., tetapi tidak diperbolehkan mengganggu konsentrasi selama persiapan Piala AFC U-19 2014.

"Mereka baru bisa bergabung musim depan. Biarlah saat ini mereka istirahat dan menghilangkan kejenuhan setelah hampir setahun disibukkan dengan rutinitas di sepak bola," ujar Diar Kusuma Putra, Presiden Klub Persebaya.

Dari tujuh pemain itu, hanya Evan Dimas yang tetap menjalani pemusatan latihan. Kapten timnas U-19 itu bergabung pelatnas tim senior.

Ketujuh pemain yang dipastikan berkostum Persebaya adalah Evan Dimas, Zulfiandi, Hargianto, Sahrul Kurniawan, Putu Gede, Ilham Udin Armayn, dan M Facthurrohman.

Menanggapi kembalinya para pemain timnas U-19 ke klub masing-masing, pelatih Persebaya Rahmad Darmawan menganggap kebijakan itu sudah benar. Rahmad sepakat dengan pelatih timnas U-19 Indra Sjafri yang menyebut para pemain timnas lebih baik matang di kompetisi dan klub.