Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zidane Divonis Larangan Melatih Selama Tiga Bulan

By Suryo Wahono - Selasa, 28 Oktober 2014 | 06:29 WIB
Zinedine Zidane, dinilai tak memiliki sertifikasi kepelatihan yang cukup. (Getty Images)

Setelah sempat diberitakan bakal kena skorsing enam bulan, Zinedine Zidane dinyatakan terkena skorsing pembinaan selama tiga bulan lantaran tidak memiliki kualifikasi yang diperlukan.

Mantan kapten Timnas Prancis itu saat ini bertanggung jawab atas tim Real Madrid Castilla (tim B). Zidane dikenai skorsing oleh Hakim Komite Kompetisi pada Senin (27/10) pagi waktu setempat.

Keputusan yang yang sama juga menimpa Santiago Sanchez, yang oleh Real Madrid disebut sebagai pelatih pengganti sebagai cadangan Zidane.

Zidane dilaporkan kepada komite oleh Miguel Galan, representatif untuk para pelatih Spanyol dan Kepala Nasional untuk Pengembangan Pelatih Spanyol. Dia mengemukakan bahwa mantan bintang Juventus dan Real Madrid itu bertindak selaku pelatih tanpa punya kualifikasi Level 3 yang disyaratkan.

Zidane saat ini sudah memiliki lisesnsi pelatih dari UEFA, namun baru setara dengan Level 2. Mantan pemain berumur 42 tahun tersebut sebelumnya mengeluh pada perlakuan diskriminatif yang dia terima atas masalah ini.

"Saya tidak menyesal mengambil kualifikasi (kepelatihan) di Perancis," kata Zidane kepada Le Figaro. "Sangat mengherankan bahwa hanya ada sedikit orang yang membela saya dan menjelaskan bahwa saya tidak memiliki hak istimewa."

"Saya tidak menghindari kesulitan. Tetapi ada yang mengambil kesempatan untuk meludahi saya."

Real Madrid kini punya 10 hari kerja untuk mengajukan banding ke pengadilan Komite Kompetisi. Kasus ini juga bisa dibawa ke Pengadilan Tata Olah Raga Spanyol atau ke Pengadilan Arbitrasi Olah Raga sebagai upaya terakhir.