Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Badai Cedera Dortmund Segera Berlalu

By Theresia Simanjuntak - Kamis, 16 Oktober 2014 | 22:02 WIB
Sven Bender (VI-Images)

Tidak pernah menang di empat laga terkini dan hanya mengantongi tujuh poin hingga pekan ketujuh. Demikian rapor buruk Borussia Dortmund di awal Bundesliga 2014/15.

Banyaknya pemain utama yang cedera terus dijadikan alasan dari pihak BVB. Alasan tersebut membuat suporter Dortmund mampu berpikir rasional dan sabar mengingat tim kesayangan mereka kehilangan punggawa penting semisal Ilkay Gundogan, Henrikh Mkhitaryan, Marco Reus, Nuri Sahin, dan terbaru Marcel Schmelzer.

Jeda kompetisi selama dua pekan memberi keuntungan besar bagi Die Borussen. Bertepatan dengan berlangsungnya partai-partai internasional, para pemain yang cedera dapat fokus mengembalikan kondisi fisik.

Menjelang duel kontra Koln, Sabtu (18/10), Pelatih Juergen Klopp melihat beberapa awak kuncinya yang cedera sudah kembali berlatih. Gundogan, Sahin, Reus, Mkhitaryan dan Oliver Kirch sudah menjalani latihan sepekan terakhir.

Pada sesi latihan Selasa (14/10), lima pemain tersebut berlatih penuh. Gelandang Shinji Kagawa, yang pulang ke Jerman dari tugas negara bersama Jepang lebih awal karena cedera kepala, turut serta.

Situs Dortmund menyampaikan jika tidak ada aral melintang, Reus, Gundogan, dan Mkhitaryan bisa merumput di Koln. Berita ini jelas menggenjot semangat awak Dortmund untuk mengklaim tiga poin penuh.

"Sekarang kami dapat sepenuhnya fokus untuk partai melawan Koln. Kami wajib menang dengan cara apapun. Kami punya kualitas. Kami hanya perlu memainkan segala potensi kami," kata Sven Bender kepada Bild.

Gelandang berumur 25 tahun itu secara khusus memuji Klopp karena tetap mengeluarkan pengaruh positif di tim meski tengah menghadapi krisis.

"Hampir tidak ada klub yang tidak bermasalah dalam upaya menjaga konsistensi. Selalu akan ada sedikit kemunduran dalam satu waktu. Yang penting, pelatih selalu menekankan agar sikap saling menghormati harus selalu ada di tim ini," ujar Bender.