Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fernando Alonso akan Pindah ke McLaren

By Oka Akhsan M. - Kamis, 16 Oktober 2014 | 19:50 WIB
Fernando Alonso, pebalap Ferrari. (Mark Thompson/Getty Images)

Eks pebalap McLaren, Mark Blundell, memprediksi Fernando Alonso akan bergabung dengan McLaren setelah dipastikan meninggalkan Ferrari pada akhir musim 2014.

Kabar hengkangnya Alonso dari Ferrari dikonfirmasi oleh eks Presiden Ferrari, Luca Di Montezemolo. Rumor Alonso akan pindah ke McLaren, tim yang sempat dibela pebalap asal Spanyol itu selama semusim pada 2007, lantas kembali menguat.

Blundell mengatakan dua kali juara dunia Formula 1 itu kemungkinan besar akan kembali ke McLaren jika tidak memilih mundur selama semusim demi mendapatkan satu kursi di Mercedes pada 2016.

"Ke mana Alonso akan pergi? Hanya McLaren yang bisa memenuhi ambisinya menjadi juara dunia. Hubungannya dengan McLaren memang sempat kurang baik, jadi kita harus melihat apakah mereka bisa harmonis lagi," kata Blundell, yang membela McLaren pada 1995.

Sama seperti Ferrari, prestasi McLaren pada musim ini juga tak terlalu mengilap walau menggunakan mesin Mercedes yang dianggap mesin terbaik. Posisi McLaren (143 poin) di klasemen konstruktor bahkan ada di bawah Ferrari (188). Pada 2015, McLaren akan menggunakan mesin Honda.

"Performa Ferrari tak sesuai ekspektasi. Hal itu tentu membuat frustrasi pebalap hebat seperti Alonso. Dia ingin lebih," ujar Blundell.