Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siem de Jong Lupakan Piala Dunia, Fokus Indonesia

By Riemantono Harsojo - Minggu, 4 Mei 2014 | 20:34 WIB
Siem de Jong (AFP)

Kapten Ajax, Siem de Jong, tampaknya sudah melupakan Piala Dunia 2014. Sekarang pemain serba bisa itu fokus untuk mengikuti tur Indonesia.

Untuk pertama kali dalam tujuh pekan atau sejak 16 Maret 2014, Siem de Jong bermain lagi bersama Ajax pada 3 Mei lalu di Amsterdam Arena. Siem de Jong bermain dalam sembilan menit terakhir laga pamungkas Eredivisie musim 2013/14 melawan NEC yang berakhir imbang 2-2.


Sejak 16 Maret lalu Siem de Jong absen karena cedera hamstring. Cedera itu yang membuat Siem de Jong akhirnya sadar bahwa peluangnya untuk bisa membela timnas Belanda di Piala Dunia 2014 di Brasil sangatlah kecil. Namun pelatih Belanda, Louis van Gaal belum membuat keputusan.

"Sangat menyedihkan, tapi sekarang saya benar-benar fokus kepada perjalanan bersama Ajax ke Indonesia dan musim baru," ujar Siem de Jong kepada Algemeen Dagblad.


"Sayang musim tidak lagi berputar, tetapi saya tetap senang bisa tampil beberapa menit melawan NEC dan main di Indonesia," ujarnya.


Indonesia memiliki tempat khusus bagi Siem de Jong, khususnya Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta. Di stadion itulah gelandang berusia 25 tahun yang juga bisa berposisi sebegai penyerang tengah itu mencetak dua gol pertama bareng timnas Belanda dalam laga uji coba melawan Indonesia pada Juni 2013.


Pada 11 Mei mendatang Siem de Jong bersama Ajax akan melakoni pertandingan persahabatan melawan Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tiga hari kemudian Ajax bertemu Persib di Bandung.