Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mengenal Jesus Gil Manzano, Wasit di El Clasico

By Zulfirdaus Harahap - Kamis, 16 Oktober 2014 | 03:25 WIB
Jesus Gil Manzano

Ada yang menarik dan unik pada laga El Clasico jilid pertama musim 2014/2015 nanti. Pasalnya, laga yang akan dihelat di Santiago Bernabeu itu nantinya akan dipimpin oleh Jesus Gil Manzano, wasit termuda di La Liga.  

Jesus Gil Manzano lahir di Don Benito, Spanyol 30 tahun silam. Manzano mengawali kariernya secara bertahap. Pada tahun 2001-2006, ia menjadi wasit di divisi Tercera.

Lalu, pada tahun 2006-2009 Manzano beralih menjadi wasit di Segunda B. Di tahun 2009-2012 Manzano naik lagi ke Segunda (Liga Adelante). Sejak dua tahun lalu hingga sekarang, Manzano mulai dipercaya menjadi wasit Primera Division (La Liga) dan menjadikannya wasit termuda di kompetisi teratas Negeri Matador itu.

Real Madrid meraih lima kemenangan, sekali hasil imbang dan kalah dari tujuh pertandingan yang dipimpin Manzano. Sementara Barcelona meraih seluruh kemenangan dari dua laga yang diadili oleh Manzano.

Pada 20 Oktober mendatang menjadi pertandingan El Clasico pertama yang akan dipimpin oleh Manzano. Hal itu menjadi unik sebab Manzano belum pernah memimpin laga-laga besar di La Liga.