Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juara Dunia Dua Kali, Ini Rahasia Marc Marquez

By Tulus Muliawan - Selasa, 14 Oktober 2014 | 19:30 WIB
Marc Marquez, juara dunia MotoGP 2014. (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Marc Marquez masih menikmati keberhasilannya menjadi juara dunia MotoGP 2014. Keberhasilan Marquez tahun ini menjadi gelar kedua Marquez sejak pertama masuk dunia MotoGP pada 2013 lalu.

Gelar kedua Marquez ini dipastikan setelah ia finis pada posisi kedua di pentas MotoGP Jepang, Minggu (12/10). Meski masih menyisakan tiga seri lagi, torehan poin Marquez tidak akan mungkin bisa dikejar lagi.

Bagi Marquez, dua gelar dalam dua musim perdana terasa sangat luar biasa. Pebalap Repsol Honda berusia 21 tahun itu menyatakan bahwa kesuksesannya tahun ini ditentukan oleh sejumlah hal penting.

"Kesalahan-kesalahan yang saya buat di beberapa balapan terakhir menjadi hal penting buat saya. Kesalahan ini membuat keberhasilan ini semakin sempurna. Saya belajar banyak dari kesalahan itu," kata Marquez.

"Kesalahan itu mungkin terjadi karena saya terlalu percaya diri. Saya merasa dalam kondisi terbaik dan ingin mengambil risiko sebesar-besarnya," tutur Marquez.

Marquez juga menyebut bahwa dirinya selalu berusaha memperbaiki segala aspek dalam dirinya yang ia rasa belum sempurna. Perbaikan itu juga dilakukan terhadap motor yang ia pakai dalam balapan.

Marquez kini mengumpulkan 312 poin. Sedangkan dua rival terdekatnya, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa hanya mengumpulkan 230 poin. Posisi ketiga ditempat Jorge Lorenzo dengan total 227 poin.